Black Friday Promo Hosting Unlimited Indonesia

Pesawat hari ini bukanlah lagi sekedar produk industri. Ia juga dapat dipandang sebagai sebuah produk kebudayaan. Produksi pesawat tidak lagi hanya untuk kepentingan transportasi massa ataupun militer saja. Pesawat juga bisa menjadi satu bentuk ekspresi desain yang diciptakan dengan berbagai tujuan. Di masa depan, pesawat bahkan dapat menjadi satu identitas yang dapat merepresentasikan peradaban kita hari ini.

Wright Flyer

desiain pesawat wright flayer
Wright Flyer atau juga sering disebut sebagai Flyer 1 atau 1903 Flyer merupakan pesawat pertama di dunia yang berhasil mengudara dengan pengemudi di dalamnya. Pesawat ini didesain dan dibuat oleh Wright bersaudara. Mereka sempat menerbangkan pesawat ini sebanyak empat kali, yaitu pada Desember tahun 1903, di dekat perbukitan Kill Devil, sejauh kurang lebih 6.4 km, atau empat mil.

 

Wright flyer ini merupakan pengembangan dari konsep glider – pesawat luncur yang pernah diujicoba oleh Wright bersaudara di sekitar tahun 1900 hingga 1902. Prototipe Gilder terakhir mereka di tahun 1902, mengarahkan Oliver dan Wilbur Wright untuk mengembangkannya menjadi bentuk The Flyer.
The Flyer sendiri dibuat di tahun 1903 dengan material kayu dari pohon cemara yang besar. Untuk mesinnya, Wright bersaudara meminta Charlie Taylor, salah satu pekerjanya untuk membuat desain mesin yang baru dengan berbahan bakar minyak mentah. Mesinnya sendiri mengadaptasi teknologi sepeda dalam aplikasinya. Dan yang menarik semua desain mesin itu dibuat oleh tangan – handmade.

Lockheed SR-71 Blackbird

desain pesawat  lockhead
Pesawat ini merupakan pesawat jarak jauh dengan kecepatan mencapai lebih dari mach 3. Pesawat ini dioperasikan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat. Pesawat yang dikenal dengan nama Blackbird ini terakhir diterbangkan pada tahun 1999, namun hingga sekarang, Lockheed Blackbird ini masih memegang rekor sebagai pesawat tercepat sepanjang sejarah.

 

Pesawat Lockheed SR-71 Blackbird ini merupakan pesawat siluman yang memiliki kemampuan untuk terbang dengan kecepatan dan ketinggian yang luar biasa. Kemampuan ini membuat pesawat Blackbird dapat melakukan misi-misi pengintaian yang berbahaya tanpa terdeteksi.
Kalaupun pesawat ini terdeteksi oleh pertahanan udara, maka pesawat ini memiliki program untuk melarikan diri dengan kecepatan yang luar biasa pula.

Boeing B-29 Superfortress

desiain pesawat b29
Pesawat B-29 dikenal sebagai pesawat pembawa bom atom yang melakukan pemboman di Hiroshima dan Nagasaki ketika perang dunia ke-2. Namun di balik fungsinya sebagai pesawat kargo, B-29 ini adalah pesawat pertama di dunia yang dapat terbang keliling dunia tanpa berhenti.
Boeing B-29 Superfortress yang kokoh seperti benteng ini, di kemudian hari lebih banyak difungsikan sebagai pesawat induk yang membawa pesawat-pesawat uji coba atau eksperimental, seperti jenis Glamorous Glennis dan Bell X-1.

Bell X-1.

desain pesawat bell x1
Bell X-1 merupakan pesawat uji coba yang dikenal sebagai pesawat pertama yang terbang dengan menembus kecepatan suara di tahun 1947. Pesawat dengan kecepatan supersonik ini memang digunakan sebagai pesawat eksperimental untuk menguji sistem aerodinamik lanjutan.
Bell X-1 yang dimiliki oleh Amerika Serikat ini memberikan banyak data untuk negara tersebut. Termasuk data-data bagaimana membuat pesawat ruang angkasa. Data-data penerbangan supersonik yang didapat dari pesawat ini pun kelak menjadi desain masa depan dari berbagai jet tempur yang diproduksi oleh Amerika Serikat.

Rutan VariEze

desain pesawat varieze
Pesawat ini didesain oleh Burt Rutan. Rutan VariEze ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan pesawat-pesawat amatir lainnya. Desainnya yang menguatkan pada kesederhanaan, membuat pesawat ini memiliki gerakan-gerakan manuver yang menakjubkan. Selain itu pesawat ini pun memiliki tampilan yang unik dan eksotik.
Meskipun berjenis sebagai pesawat amatir, namun salah satu jenis pesawat ini, SpaceShipOne, menjadi salah satu pesawat privat yang dapat terbang hingga ke suborbinal ruang angkasa. Atas prestasinya ini, Rutan VariEze memenangkan Ansari X-Prize di tahun 2004.

Scaled Composites Voyager

desain pesawat voyager
Desain Pesawat dengan daya tahan paling kuat ini awalnya hanya berbentuk sketsa kasar Burt Rutan di atas selembar tissue. Saat sketsa pesawat ini direalisasikan, Scaled Composites Voyager ini menjelma menjadi pesawat pertama yang dapat mengelilingi dunia tanpa harus berhenti dan mengisi bahan bakar.
Dengan dikemudikan oleh Dick Rutan dan Jeana Yeager, pesawat ini berkeliling dunia dalam waktu sembilan hari. Perjalanan keliling dunia itu ditempuh dengan terbang di ketinggian 11.000 kaki dan dengan kecepatan sekitar 116 mph.

Gossamer Albatross

desain pesawat gossameralbatros
Pesawat ini merupakan pesawat pertama yang bertenaga manusia. Didesain oleh Paul B. MacCready, Gossamer Albatross ini diganjar penghargaan kedua dari Kremer Prize. Pesawat ini diujicoba dengan dikemudikan oleh Bryan Allen, seorang pilot sekaligus peseda.
Di tahun 1979, Bryan Allen berhasil membawa pesawat ini melintasi Inggris, dengan menempuh jarak kurang lebih 22.2 mil, dalam waktu tempuh dua jam dan 49 menit. Dengan pesawat yang terbuat dari material karbon fiber ini, Bryan berhasil mencapai puncak kecepatan sekitar 18 mph dan ketinggian lima kaki di atas permukaan laut.

Dassault Falcon 7x

desain pesawat dasault-falcon
Falcon 7x diklaim sebagai pesawat pertama yang didesain dengan platform virtual. Pesawat buatan Perancis ini didesain dengan aplikasi CATIA – Computer Aided Three-Dimensional Interactive Application. Aplikasi yang dikembangkan oleh Dassault ini pun digunakan untuk mendesain jet tempur. Aplikasi yang sama pun dipakai untuk mendesain Boeing 777 dan 787.

 

Sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here