Karya Baru Ai Weiwei: Safety Jacket Zipped the Other Way

    51

    Di dunia seni khususnya seni rupa, Ai Weiwei bisa dibilang adalah salah satu superstar seni rupa abad 21. Seniman asal Cina yang karyanya fokus pada pemasalahan keadilan sosia ini, sedang memfokuskan diri pada protes yang terjadi di Hong Kong.

    Ia berencana membuat film dokumenter tentang konflik tersebut. Namun minggu ini, Weiwei mengumumkan bahwa ia berkolaborasi dengan Hornbach (DIY-store asal German) untuk membuat sculpture yang diproduksi secara massal dan dapat dirangkai sesuai dengan keinginan konsumen.
    berita seni ai weiwei
    Foto diambil dari Instagram @aiww
    Sculpture yang berjudul “Safety Jacket Zipped the Other Way” ini terdiri dari beberapa jaket visibilitas yang dihubungkan melalui ritsleting. Karya ini merupakan referensi dari karya serupa yang pernah ia buat pada 1980-an yang berjudul “Five Raincoats Holding Up a Star”.
    Sculture ini dijual dengan harga murah. Weiwei mengatakan bahwa ia sedang bereksperimen dengan metode penyampaian seni kepada orang-orang dengan cara baru. “Saya menciptakan karya ini untuk masyarakat umum, untuk orang-orang yang belum tentu kolektor seni atau pengunjung museum,” katanya. “Bagi mereka yang memiliki selera humor dan memahami semua karya saya, “Safety Jacket Zipped the Other Way” dapat memberikan artinya sendiri.”
    Dilansir dari Observer.com

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here