Teknik Aerial Videography dalam Media Audio-Visual

Pemanfaatan medium video  atau Audio-Visual untuk profil sebuah entitas baik itu yang bersifat komersil maupun non-komersil memang sedang menjadi trend. Hal ini juga tidak terlepas dari fenomena dominasi media Audio-Visual sebagai penyampai informasi. Berbagai gawai yang mendukung produksi audio-visual pun berlomba-lomba untuk diproduksi untuk memenuhi kebutuhan para kreatornya, mulai dari gawai yang diperuntukkan untuk pemula hingga ke tingkat profesional. Dengan pertumbuhan semacam itu, tak heran jika akhirnya produksi konten yang berbentuk Audio-Visual tidak lagi serumit sebelumnya. Beberapa teknik produksi yang dulu sulit untuk dilakukan oleh banyak orang, hari ini dapat dengan mudah diakses dan diproduksi, salah satu contohnya adalah teknik Aerial Videography. Pada dua dekade ke belakang, teknik ini termasuk ke dalam teknik yang sulit untuk diproduksi dan juga memakan banyak biaya. Dulu Videografer harus menggunakan helikopter untuk dapat memproduksi citraan-citraan yang bersifat Aerial. Saat ini, hal tersebut tidak lagi menjadi halangan atau kekhawatiran tertentu, karena adanya teknologi Drone yang lebih ekonomis dan aksesible.  

Kemudahan untuk memproduksi citraan-citraan Aerial tentu saja berdampak pada daya tarik dan variasi angle dari konten-konten yang diproduksi. Tak dapat dipungkiri karakternya yang wide, stabil dengan angle Bird-Eye-View memanjakan mata audiens. Karakter khas inilah yang seringkali kita temui dalam opening film-film baik yang bersifat fiksi maupun non-fiksi. Penggunaan citraan Aerial ini terkadang juga memberikan kesan mewah pada konten-konten video yang menggunakannya. Tentu saja penggunaan citraan Aerial bukan hanya sekedar memberikan kesan mewah atau penambah daya tarik saja, seperti halnya karakter citraan-citraan lainnya, karakter ini pun berfungsi sebagai pendukung dan penguat informasi yang akan disampaikan. Salah satu jenis video yang dapat memanfaatkan semua karakter dan fitur dari citraan Aerial ini adalah jenis Video Profile. 

Video profil adalah jenis video yang dibuat dengan tujuan untuk memperkenalkan atau mempromosikan seseorang, sesuatu atau entitas lainnya. Video profil ini umumnya memberikan gambaran singkat dan menarik tentang subjek yang diangkatnya. Biasanya, jenis video ini digunakan untuk kepentingan Branding, Pemasaran atau promosi-promosi sederhana. Salah satu yang seringkali menggunakan jenis video ini adalah Hotel, Resort dan sejenisnya. Casa Valle Eco Lodges, Camp & Cafe adalah salah satu entitas bisnis yang mencoba untuk memanfaatkan Video Profil dengan memasukkan karakter citraan Aerial sebagai salah satu media promosinya. 

Casa Valle Eco Lodges, Camp & Cafe terletak di Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Tempat yang berada di areal pesawahan dan perkebunan ini menawarkan konsep Glamping – Glamour Camping, sebuah konsep yang sedang digemari saat ini. Konsep yang ditawarkan adalah camping anti-ribet, di mana para pengunjung hanya perlu membawa baju saja untuk dapat menikmati aktivitas camping di Casa Valle Eco Lodges, Camp & Cafe ini. Menurut Pratiwi Dian, pemilik dari Casa Valle, salah satu kelebihan dari tempat ini adalah view atau pemandangan yang dikelilingi oleh pesawahan, perkebunan dan lanskap perbukitan. Hal inilah yang jarang ditemui di tempat-tempat Glamping lainnya. 

Dengan karakteristiknya itu, Casa Valle Eco Lodges, Camp & Cafe berkolaborasi dengan program studi Desain Komunikasi Visual ARS University, untuk membuat Video profil dengan memanfaatkan citraan Aerial untuk mempertegas karakter dan keunggulannya. Citraan Aerial pada Video profil ini menekankan pada lanskap pesawahan, perbukitan dan perkebunan yang mengelilingi situs tersebut. Tujuannya adalah untuk memperkuat profil Casa Valle, sebagai tempat dengan view indah yang dapat dinikmati baik itu ketika sedang melakukan aktivitas Camping ataupun hanya sekedar menikmati kopi racikan khas Casa Valle. Video Profil dari Casa Valle Eco Lodges, Camp & Cafe ini merupakan kombinasi dari beragam jenis citraan videografi. Ada yang diambil dari Close angle untuk memperlihatkan detail-detail khas Bali yang memang menjadi aksentuasi dari situs ini. Long Shot dipergunakan untuk  memperlihatkan secara keseluruhan aset dan fasilitas dari Casa Valle dan Aerial Shot yang digunakan untuk memperlihatkan lingkungan sekitar dari Casa Valle Eco Lodges, Camp & Cafe.  (pfr)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel lainnya