Jenis-jenis gitar akustik

Gitar akustik memiliki ragam jenis yang berbeda-beda. Jenis-jenis tersebut digolongkan bedasarkan ukuran Body dan bentuk gitar. Ukuran Body gitar akustik sangat mempengaruhi produksi sound yang dihasilkan. Semakin besar body gitar, semakin nyaring pula suaranya.

DREADNOUGHT

DREADNOUGHT

Bentuk Dreadnought pertama kali diluncurkan oleh CF Martin. Nama Dreadnought sendiri diambil dari nama sebuah kapal perang Inggris. Bentuk body gitar ini bulat persegi dan pada fret ke 14 neck-nya menyatu di bagian body. Desain gitar Dreadnought ini sangat merata antara volume, ukuran dan kemudahan bermain. Hal itu pula yang menjadi alasan mengapa gitar ini banyak dipakai oleh musisi-musisi besar. Dreadnought juga disebut-sebut sebagai gitar akustik yang fleksibel di semua genre musik. Salah satu versi dari jenis gitar ini yang cukup populer adalah Gibson Hummingbird.

PARLOUR

Gitar yang dibuat oleh CF Martin ini tergolong unik pada masanya. Dengan body yang lebih mungil dan neck gitar yang menyatu pada body di fret ke-12, membuat gitar ini sangat nyaman untuk dimainkan. Bahu gitar tempat body bertemu dengan sambungan neck biasanya akan sedikit lebih miring dibandingkan dengan gitar akustik klasik. Sementara itu bagian bawah body juga akan lebih sempit dibandingkan dengan gitar berukuran lebih besar. Parlour gitar banyak diminati karena Portabilitasnya. Salah satu musisi yang sering memakai gitar model ini adalah Ian Anderson, frontman dari prog-rocker Inggris eksentrik Jethro Tull. Farida M26-E adalah salah satu versi dari jenis gitar ini yang cukup digemari.

JUMBO

Gitar akustik jumbo yang paling ikonik adalag Gibson J2000. Gitar ini pertama kali dirilis pada tahun 1937. Gitar jumbo sangat cocok untuk rhythm karena suara bassnya yang tebal. Beberapa musisi seperti Bob Dylan dan Gallagher sering memakai gitar jenis ini pada penampilan solonya.

AUDITORIUM

Auditorium gitar adalah perkembangan dari model Dreadnought. Bentuk body dan dimensi gitar ini sama dengan gitar Dreadnought namun memiliki pinggang body yang lebih ramping. Lekukan pinggang gitar dibuat agak ke dalam agar berbeda dengan Dreadnought. Jika Dreadnought menawarkan spektrum frekuensi Bass dan Mid-Range yang kuat, Auditorium cenderung memuluskan kurva EQ agar seimbang dengan volume booming yang sama dengan Dreadnought. Beberapa penggemar gitar mengklaim bahwa model Auditorium akan mengeluarkan suara yang lebih bagus jika menggunakan senar yang lebih tipis, sementara Dreadnought lebih cenderung kuat pada senar berukuran sedang.

GRAND AUDITORIUM

Dirancang untuk menjadi yang terbesar, bentuk Grand Auditorium adalah perpaduan sempurna antara ukuran, bentuk, volume dan kenyamanan. Gitar model ini dibuat oleh perusahaan Taylor Guitar yang sangat fenomenal di industri gitar. Dengan menjadikan Taylor Swift sebagai brand ambasador-nya, Perusahaan ini merajai industri gitar melalui model Auditorium Taylor Grand-nya. Hal ini terjadi sebelum Taylor Swift menjadi bintang besar di dunia musik. Perlu diketahui bahwa pada masa itu Taylor Swift adalah musisi Country yang sangat disegani.

CLASSICAL GUITARS

Gitar Klasik adalah alat musik yang sangat banyak memberikan dampak pada musik dunia. Instrumen yang sekilas tampak sederhana ini ternyata memiliki tingkat kerumitan yang paling tinggi di antara jenis gitar yang ada. Tidak mudah untuk memainkan gitar klasik dengan benar. Ada banyak teknik yang harus dipelajari untuk menciptakan sound yang diinginkan. Walau pun gaya Flamenco sangat melekat pada gitar ini, namun hal itu tidak membuat gitar klasik menjadi terbatas untuk genre musik klasik saja, tetapi juga bisa dipakai di genre musik lain seperti jazz, rock, blues dan pop.

TAMBAHAN

TRAVEL GUITARS

Di era kekinian, travel menjadi gaya hidup dan hobi yang digemari oleh kalangan millenials. Kegiatan mengunjungi atau menjelajahi tempat-tempat yang indah menjadi semacam kebutuhan bagi mereka. Fenomena ini pun dimanfaatkan oleh perusahaan gitar Taylor & Martin dengan mengeluarkan gitar model Taylor Baby. Model gitar ini dibuat untuk memudahkan para traveler yang ingin membawa gitar dalam perjalanannya. Dengan bentuk yang mungil, Travel Guitar sangat mudah dan ringan untuk dibawa-bawa. Gitar jenis ini semakin populer ketika Ed Sheeran menggunakan model Martin LX1E di konser-konsernya.

GUITARLELE

Guitarlele adalah hibrid atau perpaduan dari gitar klasik dan ukulele. Ukurannya 1/4 dari gitar klasik. Guitarlele memadukan suara antara gitar klasik dan ukulele tenor atau bariton, atau semisal “Cak” dan “Cuk” pada musik keroncong. Guitarlele memiliki enam senar nilon. Ukurannya kecil dan memiliki suara yang lebih tinggi dibandingkan dengan gitar klasik biasa. Tuning pada Guitarlele diambil dari fret ke-4 pada gitar biasa yaitu ADGCEA. Cara memainkannya sama dengan gitar pada umumnya, namun nada pada chord yang dimainkan berbeda, contohnya cord “D” pada Guitarlele akan sama dengan “G” pada gitar akustik biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *