Ini Dia Pahlawan-pahlawan yang Diabadikan dalam Karya Seni

pahlawan seni rupa
Pahlawan nasional akan selalu dikenang atas jasa-jasanya terhadap negeri ini.  Atas Jasa-jasanya itu, banyak seniman yang mengabadikannya melalui karya-karya mereka.

Pahlawan dalam karya seni rupa berupa lukisan dan patung pastinya sering kita temui di museum atau pun di jalan-jalan protokol. Biasanya karya tersebut dibuat atas permintaan. Namun ada beberapa karya yang dibuat atas kemauan seniman itu sendiri.

Jendral Besar Sudirman.

pahlawan dalam karya seni
Patung ini dibuat oleh Hendra Gunawan pada tahun 1950. Patung yang memiliki tinggi sekitar empat meter ini terletak di depan gedung DPRD DIY, Jalan Malioboro, Jogjakarta.

Pangeran Diponegoro.

pahlawan dalam karya seni
Lukisan Pangeran Diponegoro ini dibuat oleh Basuki Abdullah sekitar tahun 1940 – 1960. Kini lukisan tersebut menjadi koleksi Istana Negara.

Adam Malik.

pahlawan dalam karya seni
Lukisan Adam Malik karya S. Sudjojono ini dibuat pada tahun 1971 dengan medium cat minyak di atas kanvas berukuran 70 cm x 90 cm.

H.O.S. Tjokroaminoto.

pahlawan dalam karya seni
Lukisan H.O.S. Tjokroaminoto ini dibuat oleh Affandi pada tahun 1947. Kini lukisan tersebut menjadi salah satu koleksi Istana Negara.

Ki Hadjar Dewantara.

pahlawan dalam karya seni
Karya ini dibuat oleh Basuki Abdullah sekitar tahun 1957.

Soekarno.

pahlawan dalam karya seni
Lukisan yang berjudul “Bung Karno di Tengah Perang Revolusi” ini dibuat oleh Dullah seorang pelukis istana pada era Bung Karno. Lukisan tersebut diciptakan pada tahun 1966.

Patung Pangeran Diponegoro.

Patung Pangeran Diponegoro ini dibuat oleh pematung asal Italia bernama Profesor Cobertaldo pada tahun 1965-1970.  Karya patung yang merupakan hadiah dari pemerintah Italia ini sekaligus menjadi simbol dari hubungan baik antara Indonesia dan Italia.

Patung Panglima Besar Sudirman.

Patung Jendral Sudirman Karya Sunaryo ini diresmikan pada tanggal 16 Agustus 2003. Patung ini berdiri di kawasan Dukuh Atas, tepat di depan Gedung BNI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Patung Proklamator.

Patung Pahlawan Proklamasi ini dibuat oleh seniman asal Bandung, Sunaryo, dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 29 Agustus, 2008. Patung tersebut berada di gerbang bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Monumen Pancasila Sakti.

Monumen ini dibuat oleh pematung legendaris, Edhi Sunarso dan diresmikan pada tanggal 1 Oktober 1973 oleh Presiden Soeharto.
Pahlawan dalam karya seni ini dibuat untuk mengabadikan perjuangan-perjuangan mereka untuk bangsa dan negara Indonesia. Para seniman yang membuatnya pun memeliki kembanggaan tersendiri dalam membuat karya tersebut.
Foto diambil dari berbagai sumber.
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel lainnya

poster seni dan dunia digital

Seni & Dunia Digital

Berabad-abad yang lalu, manusia mengalami sebuah peristiwa yang kelak menjadi awal dari sebuah cara hidup yang baru. Sejarah mencatat peristiwa itu dengan nama ‘Revolusi Industri.’

Read More »