Film-Film yang Wajib Kamu Tonton Di Hari Ayah

    219

    Hari ayah bisa kita jalani dengan berbagai kegiatan. Ada yang memberikan selamat, ada yang memberikan kejutan ada juga yang merayakannnya bersama-sama dengan aktivitas-aktivitas yang khusus.

    Hari ayah juga bisa kita lalui dengan menonton film-film yang bertemakan keluarga. Berikut ini film-film rekomendasi untuk kamu tonton di Hari Ayah ini.

    The Descendants (2011)
    film tentang ayah
    Film ini diangkat dari novel karya Kaui Hart Hemmings. The Descendants bercerita tentang konflik dan perjuangan Matthew King (George Clooney) dalam menjaga keutuhan keluarganya. King sebagai kepala keluarga harus mengurus kedua anaknya yang diperankan oleh Shailene Woodley dan Amara Miller. Karena istrinya (Patricia Hastie) sedang berada dalam keadaan koma, karena kecelakaan yang dialaminya. Konfliknya kemudian menjadi lebih bergejolak, ketika King mengetahui bahwa istrinya memiliki hubungan gelap.

     

    Yang menjadi menarik dari film ini adalah gambaran hubungan antara ayah dan remaja putrinya yang sedang mengalami banyak permasalahan. Di satu sisi, King harus menjadi ayah, suami sekaligus ibu untuk anak-anaknya.
    Pursuit of Happyness (2006)
    Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Chris Gardner ini memang tak pernah gagal untuk membuat keharuan. Perjuangan Chris Gardner (Will Smith) untuk memberikan kehidupan yang layak untuk anaknya menjadi warna utama di film ini.
    Kehidupan yang sulit, perjuangan yang keras, kesabaran dan ketabahan yang ditampilkan oleh pasangan ayah-anak ini bukan hanya memberikan perasaan iba dan terenyuh saja, tetapi juga memberikan inspirasi yang luar biasa untuk menjalani dan mencapai hidup yang lebih baik.
    Finding Nemo (2003)
    Film animasi ini adalah salah satu film animasi terbaik sepanjang masa. Tak pernah ada kata bosan untuk menonton film yang satu ini. Kisahnya pun dapat dikatakan tak biasa untuk film animasi. Selain mengisahkan perjuangan Nemo untuk kembali ke lautan.

     

    Film ini juga menampilkan kisah inspiratif dari bagaimana ayah Nemo yang tidak pernah berhenti berjuang dan berharap untuk bertemu dan menyelamatkan anaknya untuk kembali ke tengah-tengah keluarga dan teman-teman yang dicintainya.
    The Godfather (1972)
    Film ini seringkali disebut sebagai film terbaik sepanjang sejarah perfilman dunia. Godfather yang berkisar tentang kehidupan mafia Italia memang menawarkan realitas yang cukup segar, bahkan hingga hari ini.
    Meskipun tidak mengangkat secara eksplisit tentang hubungan ayah-anak, namun film ini sangat jelas memperlihatkan hubungan tersebut dari sudut pandang dan perspektif yang lain.
    Interstellar (2014)
    Film fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini cukup booming pada masanya. Realitas tentang penjelajahan luar angkasa menjadi hal yang cukup mengejutkan kala itu. Audiens diajak untuk menjelajahi ruang berpikir yang sangat ilmiah dengan logika-logika sains yang menarik.
    Namun yang membuat film ini sangat menarik adalah bagaimana logika-logika sains dan berbagai kemungkinan ilmiah yang belum tergali oleh manusia, dapat ditampilkan dengan latar belakang hubungan ayah-anak yang sangat emosional. Alur yang patah khas Christopher Nolan dan emosi yang tebal menjadi keunggulan film Interstellar ini.
    Captain Fantastic (2016)
    Film yang disutradarai oleh Matt Ross ini merupakan film yang sangat layak untuk ditonton di hari ayah ini. Dibintangi oleh Viggo Mortenson, film ini bercerita tentang bagaimana sebuah keluarga harus bertahan dan beradaptasi kembali dengan masyarakat setelah sebelumnya hidup terasing selama sepuluh tahun.
    Film yang tayang perdana di Sundance Film Festival 2016, ini juga diganjar dengan banyak penghargaan, termasuk diantaranya, Best Actor di Golde Globe Award, Best Actor in a Leading Role di 70th British Academy Film Award dan Best Actor di Academy Awards ke-89.
    The Lion King (1994)
    Untuk generasi 90an, salah satu film animasi yang paling berkesan dan sulit untuk move-on tentu saja tidak bisa untuk tidak menyebut “The Lion King.” Film ke 32 yang dirilis oleh Walt Disney Picture ini termasuk sebagai film animasi tersukses. Bahkan film ini pun sempat diangkat ke panggung musikal Broadway di tahun 1997.
    Film ini juga mengangkat tentang kisah ayah dan anak dalam perspektif yang sangat universal. Di film ini, ayah menjadi sosok yang inspiratif dan memotivasi sang anak dalam menjalani kehidupannya.
    Taken 2008
    Film yang diproduseri oleh Luc Besson dan disutradarai oleh Pierre Morel ini adalah film action dengan tema unik khas Besson. Film yang diperankan oleh Liam Neeson ini cukup sukses, sehingga dibuat lagi sekuel-sekuel selanjutnya.
    Ceritanya berkisah tentang penculikan anak semata wayang dari Bryan Mills (Liam Neeson) yang merupakan pensiunan agen CIA. Karena rasa cinta pada putrinya Mills yang sudah pensiun pun rela mati-matian untuk membebaskan putrinya dengan segala cara, termasuk mengambil resiko untuk mengorbankan nyawanya.
    Tree of Life 2011
    Film ini merupakan film drama eksperimental. Suatu genre film dengan tema yang cukup segar. Film yang bertema keluarga ini sebenarnya lebih mengangkat tentang hubungan antara ayah dan anak laki-lakinya.
    Yang membuat unik, hubungan ayah-anak itu dibalut dengan berbagai hal termasuk, penciptaan alam semesta, dinosaurus, kehidupan, kematian dan berbagai hal yang merupakan narasi besar dari alam ini.
    Sleepless in Seattle 1993
    film tentang ayah
    Film bergenre drama komedi romantis ini disutradarai oleh Nora Ephron. Selain kisah romantis antara Tom Hanks dan Meg Ryan, film ini pun mengangkat tentang hubungan ayah-anak. Antara Sam Baldwin (Tom Hanks) dan Jonah Baldwin (Ross Malinger).
    Sepeninggal istrinya, Sam didera dengan berbagai masalah pribadi, termasuk kerinduannya yang teramat dalam pada mendiang istrinya. Meskipun begitu, Sam tetap berusaha menjadi ayah yang terbaik untuk Jonah.
    Foto diambil dari berbagai sumber.

    Tinggalkan Balasan