Black Friday Promo Hosting Unlimited Indonesia

Musisi yang satu ini memang selalu menarik untuk diperbincangkan. Banyak orang berpendapat bahwa ia memiliki karakter vokal yang menyayat hati.

Di awal karirnya ia dapat menduduki peringkat satu dalam billboard chart. Selain itu, ia pun memiliki peran dalam sejarah perkembangan musik rock dunia. Ia adalah musisi wanita pertama yang berhasil mematahkan kredo bahwa musik rock dan blues itu hanya untuk kaum Adam.

 

Adalah Janis Lyn Joplin yang lahir pada tanggal 19 Januari 1943 di Port Artur, Texas, Amerika, Ia adalah penyanyi rock Amerika di era 60an. Karirnya sebagai penyanyi bermula ketika band rock Amerika yaitu Big Brother and the Holding Company mengajaknya bergabung bersama mereka. Pada tahun 1966 mereka merekrut Joplin karena tertarik dengan gaya vokal blues Joplin yang khas.janis joplin
Bersama Big Brother and the Holding Company, Joplin sukses menduduki peringkat pertama di Bilboard Chart dan mendapatkan dua kali platinum album di album mereka yang berjudul berjudul Cheap Thriils mereka
Pada tahun 1969 Big Brother and the Holding Company akhirnya bubar dan Joplin menjadi penyanyi solo diiringi band yang bernama Kozmic Blues. Di tahun yang sama, singlenya yang berjudul Me and Bobby McGee berhasil menduduki peringkat pertama di Bilboard Chart dan pada tahun 1971 setahun setelah ia meninggal, albumnya yang berjudul Pearl juga menduduki chart pertama.

 

Joplin merekam lagu pertamanya ketika ia hijrah ke San Fransisco. Di sana ia bertemu dengan Jorma Kaukonen (nantinya akan menjadi personil Jefferson Airplane, band rock legandaris San Fransisco) dan merekam beberapa lagu blues standar. Dengan menggunakan mesin tik sebagai perkusinya yang dimainkan oleh Margareta istri Kaukonen. Mereka merekam enam buah lagu yaitu  “Typewriter Talk,” “Trouble In Mind,” “Kansas City Blues,” “Hesitation Blues,” “Nobody Knows You When You’re Down And Out,” “Daddy, Daddy, Daddy”, dan “Long Black Train Blues”. Keenam lagu tersebut nantinya dirilis sebagai album bootlegThe Typewriter Tape. Karya-karyanya tersebut menunjukkan bagaimana eksplorasi Joplin terhadap musiknya. Periode ini sangat menunjukkan puncak kreatifitas Joplin, di mana ia bisa membuat musik hanya dengan menggunakan alat yang seadanya saja.
Untuk ukuran sebuah band rock di tahun 60an, posisi vokalis selalu diisi oleh kaum pria. Kehadiran Janis Joplin sebagai vokalis band rock memberikan dampak besar bagi perjalanan musik dunia. Banyak band, khususnya yang beraliran rock, bermunculan dengat formasi wanita sebagai vokalis.
Alecia Moore solois wanita yang kita kenal dengan sebutan Pink adalah salah satu solois yang sangat mengidolakan Janis Joplin. Ia berkata bahwa musik-musiknya dipengaruhi oleh Janis Joplin, sampai-sampai cara tertawanya pun menguikuti Jansi Joplin. Pink berkata bahwa ia akan sangat senang bila memerankan Joplin di layar lebar.\

 

Memang tidak ada diskriminasi gender dalam bermusik, namun setidaknya Joplin dapat mematahkan pandangan bahwa musik rock itu adalah laki-laki. Kurt Cobain berkata “The Future of Rock Belong to Woman”. Ini adalah prediksi Kurt tentang musik rock yang diutarakannya pada tahun 1993. Tidak bisa kita pungkiri bahwa saat ini band rock papan atas dunia banyak diisi oleh band dengan vokalis wanita contohnya Paramore, Evanescence, The Cranberries dan Epica. Di Indonesia sendiri kita mengenal Nicky Astria, Anggun C Sasmi dan Mel Shandi sebagai Lady Rock Indonesia, serta Tantri Kotak sebagai penerus mereka.

 

Sebagai penyanyi wanita, Joplin tidak hanya menyanyikan lagu-lagu yang bertemakan cinta. Ia juga menulis dan menyanyikan lagu bertemakan kritik sosial. Pengaruhnya terhadap musik rock membuat dirinya dikenal sebagai Queen of Rock and Roll. Di tahun 2003, majalah Rolling Stone menempatkan karya-karya Joplin di posisi 122 dari 500 album terbaik sepanjang masa. Pada tahun 1995, Joplin mendapatkan penghargaan Rock and Roll Hall of Fame dan Grammy Lifetime Achivement di tahun 2005.
Joplin tidak selalu menciptakan instrument vokal yang bagus, namun di setiap lagu ia mengeluarkan semua yang ada di dalam dirinya. Luapan emosi ia tuangkan melalui nada. Kejujuran dalam bermusik sangat terasa di setiap lagunya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here