Arsitektur, Seni Dekorasi dan Desain Interior pada Masa Rococo

    400

    Pengaruh Rococo pada arsitektur memang tidak terlalu dominan, namun tetap memberikan warna baru yang segar pada dunia arsitektur.

    Sebenarnya agak sulit untuk membedakan antara arsitektur Baroque dan Rococo. Tetapi jika dilihat lebih mendalam, arsitektur dengan desain Rococo tampak lebih santai, ringan dan anggun. Seperti halnya pajangan-pajangan logam dan porselen yang menjadi incaran kaum sosialita kala itu, furniture di masa Rococo pun menjadi suatu bentuk simbol status sosial yang gencar diburu.
    Gaya Furniture dan arsitektur di tangan Rococo mengalami perubahan yang sangat signifikan, terutama setelah ditambahkannya aspek kenyamanan dan fleksibilitas sebagai fitur utamanya.

     

    Di masa-masa sebelumnya, seorang penghuni rumah akan tunduk pada tata aturan arsitektur klasik yang memberikan identitas dan fungsi yang kaku pada setiap ruangan di suatu rumah. Alih-alih mementingkan aspek kepentingan dan kenyamanan penghuni, tata aturan klasik justru lebih memaksa penghuni untuk menyesuaikan dengan ruangan-ruangan yang sudah tersedia.
    Tata aturan klasik itu juga membuat elemen-elemen pendukung ruangan menjadi bersifat kaku. Dalam hal ini, sebuah furniture akan cenderung lebih menampilkan sisi kekuatan dan kekokohan konstruksinya, dibandingkan dengan aspek kenyamanannya.

     

    Kekakuan-kekakuan semacam inilah yang dilawan dan dirubah oleh gaya Rococo. Furniture menjadi sangat fleksible dan dapat dengan mudah dipindahkan serta dikomposisikan dengan elemen-elemen lainnya sesuai dengan keinginan sang pemilik. Selain itu, furniture pun diharuskan untuk dapat berdiri dengan konstruksinya sendiri. Berbeda dengan masa sebelumnya, di mana konstruksi furniture justru menopang dan bergantung pada dinding rumah atau ruangan.
    fauteuil chair, one of the revolusioner furniture which born in Rococo era
    Fauteuil Chair, salah satu karya yang lahir di zaman Rococo.
    Untuk mencapai kenyaman yang ergonomis, furniture di masa Rococo pun banyak mengalami modifikasi desain dan bentuk. Pada masa ini lahir beberapa jenis kursi berbentuk khusus ; Fateuil Chair, Voyeuse & Berger en Gondola. Dari jenis-jenis kursi ini pun ada beberapa modifikasi yang cukup populer bahkan hingga hari ini, antara lain; Cushioned Detached Arms, Lengthening of the Cushioned Back (Hammerhead) & Loose Seat Cushion.
    one of the modification furniture in Rococo era
    Loose Seat Cushion, sebagai salah satu bentuk modifikasi sofa yang pertama kali muncul di zaman Rococo.
    Meskipun lebih banyak menyentuh ruang-ruang yang bersifat personal, bukan berarti gaya Rococo tidak merambah pada bidang arsitektur. Pengaruh warna artistik Rococo pada gaya arsitektur memang tidak terlalu dominan, namun tetap memberikan warna baru yang segar. Secara sekilas, sebenarnya agak sulit untuk membedakan antara arsitektur gaya Baroque dan Rococo.
    Halaman

    Tinggalkan Balasan