Gaya Desain Victorian, Tak Lekang Dimakan Zaman

victorianstyle

Anda mungkin pernah mendengar tentang istilah Victorian style, atau bahkan pernah melihatnya? Desain Victorian sebenarnya sangat populer di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Tanpa kita sadari, mungkin pernah sekali waktu kita melihat atau bahkan menggunakan produk-produk yang bergaya Victorian.

Bagi sebagian orang, gaya desain ini dapat memberikan kesan mewah khas Eropa. Sementara bagi yang lainnya, desain Victorian banyak dipandang sebagai gaya yang usang, kolot dan kaku. Terlepas dari penilaian dan selera kita, mau tidak mau, suka atau tidak suka, gaya tersebut telah menjadi bagian dan warna dari perkembangan desain di Indonesia.
inspirasi hunian dengan desain victorian
inspirasi hunian dengan desain victorian modern
Desain Victorian lahir di Eropa, tepatnya di Inggris, pada masa pemerintahan ratu Victoria. Oleh karena itulah, gaya ini disebut sebagai gaya Victorian. Masa keemasan gaya ini tentu saja berlangsung sepanjang masa pemerintahan ratu Victoria. Kurang lebih berlangsung pada rentang waktu tahun 1837 -1901.
Namun perkembangannya terus berjalan hingga ke masa sekarang ini. Disertai juga dengan pengaruhnya yang menyebar hingga ke benua Asia. Desain Victorian sebenarnya lebih banyak dibicarakan sebagai suatu bentuk perayaan terhadap gaya dekoratif yang memiliki sifat ekletik atau fleksible terhadap gaya-gaya dekoratif sebelumnya.
Oleh karena itu, desain Victorian bukanlah gaya yang semerta-merta lahir begitu saja, tetapi ada peranan besar dari gerakan dan gaya-gaya desain lain yang turut membidani kelahirannya. Secara garis besar, gaya desain ini tidak dapat terlepas dari pengaruh Art and Crafts Movement, Aesthetic Movement, Art Nouveau, Gothic, Gaya dekorasi Asia dan Timur Tengah serta Anglo-Japanese style.
Keterikatan yang kuat antara desain Victorian dan gaya dekoratif tentu saja mempengaruhi sisi aplikasi dan fungsional dari gaya tersebut. Alih-alih dikenal sebagai suatu gerakan seni atau gaya desain secara umum, Victorian style sebenarnya lebih khusus dipandang sebagai suatu bentuk gaya dekorasi interior hunian dengan berbagai perlengkapan pendukung di dalamnya. Meskipun sifatnya yang sangat ekletik, namun gaya tersebut pada dasarnya mudah dikenali, terutama pada masa-masa sekarang ini.
inspirasi hunian dengan desain victorian
inspirasi hunian dengan desain victorian
Karakter desain Victorian sangat kuat pada aspek keteraturan dan penggunaan ornamentasi dekoratif yang proporsional. Jika melihat aplikasinya pada interior hunian, gaya ini cenderung membagi-bagi hunian menjadi sekat-sekat ruang yang memiliki fungsi dan identitasnya masing-masing. Karakter ini pada dasarnya meminjam karakteristik dari gaya interior Rococo.
Ruangan yang berfungsi untuk publik dan ruangan yang bersifat privasi dipisahkan secara sungguh-sungguh. Ruang tamu sebagai ruang publik menjadi fokus perhatian utama, sekaligus berfungsi sebagai ruang yang menunjukkan identitas atau kapasitas si pemilik hunian. Oleh karena itu, pada ruang yang berfungsi sebagai ruang jamuan ini harus diisi oleh obyek-obyek dan ornamen-ornamen dekorasi yang merepresentasikan si empunya rumah.
Sementara itu, ruang makan menjadi prioritas yang kedua. Karena pada ruang ini, biasanya jamuan lanjutan dari si empunya hunian terhadap para tamunya menjadi semakin intens. Ruang ini pun harus diisi oleh obyek-obyek seperti peralatan makan dan buffet penyimpanan yang memiliki kesan mewah. Selain itu, ruang ini pun harus dihias oleh ornamentasi dekorasi yang paling baik

Baca Selanjutnya

sumber:

https://aucanize.com/
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel lainnya