Jenis Alat Musik yang Biasa Dimainkan di Marching Band

    56
    jenis alat musik marching band
    Marching band adalah sebuah grup musik ansambel yang memainkan musik instrumental dipadukan dengan baris-berbaris. Cikal bakal marching band sendiri lahir di kalangan militer yang dipergunakan untuk penyemangat perang sejak zaman dahulu, contohnya the Ottoman military band yang sudah ada sejak abad ke 11 atau band militer tradisional eropa yang lahir pada era Baroque.
    Instrumen yang dimainkan dalam satu grup Marching Band bermacam-macam, beberapa di antaranya jarang ditemukan dalam musik ansambel lainnya. Jumlah pemain di dalam satu grup Marching band bisa mencapai 200 orang (bahkan lebih) yang biasanya dibagi menjadi empat kelompok yaitu Brass, Perkusi, Pit dan Colour Guard (Colour Gurard tidak dibahas karena tidak memainkan alat musik). Setiap kelompk memainkan instrumen yang berbeda-beda pula.
    Brass
    Kelompok Brass di dalam Marching Band adalah kelompok yang memainkan alat tiup. Bertugas untuk memainkan chord dan melodi serta memainkan dinamika pada lagu. Klompok ini pun biasanya dibagi menjadi tiga kelompk yaitu hight, midle dan low. Setiap kelompok memainkan instrumen yang berbeda-beda pula.

    1. Hight
    Pada kelompopek ini, instrumen yang dimainkan biasanya yang memiliki karakter suara yang tinggi. Instrumen-instrume tersebut adalah:
    Trompet
    Cornet

    2. Midle

    Pada kelompopek ini, instrumen yang dimainkan biasanya yang memiliki karakter suara yang tidak tinggi dan tidak rendah. Instrumen-instrume tersebut adalah:

    Flugel
    Mellophon
    3. Low

    Pada kelompopek ini, instrumen yang dimainkan biasanya yang memiliki karakter suara yang rendah. Instrumen-instrume tersebut adalah:

    Euphonium
    Baritone
    Tuba
    Perkusi/Battery

    Kelompok perkusi memiliki peran penting karena merekalah yang memainkan tempo dan menjadi patokan dari semua pemain. Instrumen yang dimainkan pun bermacam-macam yaitu:

    Snare Drum
    Quint Tom

    Bass Drum
    Hand Cymbal
    PIT ( Percussion In Tone)

    PIT adalah kelompok perkusi yang posisinya berada di bagian paling depan dan tidak ikut dalam baris-berbaris untuk membentuk formasi. Kelompok ini memainkan instrumen perkusi yang bernada. Instrumen-instrumen yang biasa dimainkan adalah:

    Marching bells
    Xylophone
    Vibraphone
    Marimba
    Timpani
    Chimes

    Itulah instrumen-instrumen yang dipakai di dalam suatu grup Marching Band. Sebuah grup musik yang cikal-bakalnya sudah ada sejak zaman dahulu yang bertransformasi dari kempentingan perang hingga menjadi suatu pertunjugan musik yang megah dan cantik namun tetap memberikan semangat bagi pendengarnya.

    Tinggalkan Balasan